Tanjung Bira, Keindahan di ujung Sulawesi

-->
Pagi yang sempurna di Tanjung Bira

Pagi menjelang, aktifitas di pantai indah ini belumlah banyak, terlihat beberapa pemilik warung di area pantai bergotong royong membersihkan pantai dari sampah. Saya terharu dengan keriangan mereka untuk bersama-sama mejnaga kebersihan lokasi pantai. Pantai Tanjung Bira terletak di kecamatan Bira, kabupaten Bulukumba dan masih masuk dalah wilayah propinsi Sulawesi Selatan. Pantai pasir putih dengan air lautnya yang jernih hingga kita bis amelihat ke dasar pasir pantai adalah menu andalan yang wajib di datangi bagia siapa saja yang merindukan keindahan pantai. 

Saat yang tepat untuk bermain airrrr
Deretan warung-warung kecil berjajar rapi di pinggiran pantai pasir putih yang terlihat aduhai. beberapa pengunjung juga sedang terlihat asik bermain di jernihnya air laut yang mempesona. Angin laut berhembus dengan perlahan, sementara langit di atas tanjung bira terlihat begitu indah di hiasi gumpalan-gumpalan awan putih yang berderet.

Kaki saya melangkah hati-hati diatas bebatuan karang di depan Bira view. Bira view adalah beberapa rumah pangung yang di peruntukkan buat penginapan, namun sayangnya kondisinya memprihatinkan. Saya harus tetap waspada ketika melangkahkan kaki di atas bebatuan karang itu, karena memang permukaanya terlihat terjal dan siang yang begitu menyengat.

Bira view dengan jalanan karang di depannya
Sedang asik memotret keindahan Tanjung Bira ternyata sandal saya putus, huaaaa bisakah saya tetap melanjutkan berjalan di atas bebatuan karang yang panan dan terjal ini tanpa alas kaki? beberapa kali saya mencoba jalan jinjit tapi ternyata tetap saya sakit terkena batu karang yang "membara" dan tajam itu. Tapi bukan pejalan namanya kalau sampai kehabisan akal. Saya ikatkan sapu tangan untuk menempelken sandal saya yang putus ke telapak kaki saya, dan aman akhirnya saya bisa mengabadikan tanjung bira dalam foto dan video dengan tenang ha ha.

Pasirnya lembut aduhai
Pantai Tanjung Bira terkenal dengan pasir pantainya yang selembut tepung terigu. Pemandangan garis pantai yang membujur panjang dan indah membentang hampir sepanjang mata memandang. Di sebagian pantainya di batasi dengan tebing-tebing karang yang terjal, namun komposisi ini jadi lebih menarik karena tebing-tebing terjal bertemu dengan jernih nya air laut dan putihnya pasir pantai. Sebuah komposisi lukisan alam yang sangat sempurna.
Siang di tanjung bira sungguh terik, jika tidak mau berpanas-panasan, duduklah di salah satu warung sambil menikmati sebutir kelapa muda atau sebotol minuman dingin. Pemandangan yang tercipta di hadapan sungguh begitu sempurna. Langit biru diatas pantai juga semakin melengkapi keindahan yang ada. Jangan berpuas hati dulu dengan keindahan Tanjung Bira.

Mau uji nyali loncat, silahkannn
Tidak ada ungkapan yang bisa saya ucapkan selain sempurna jika melihat keindahan Tanjung Bira.  Selain keindahan-keindahan pantai dan daratnya, Tanjung Bira juga punya pesona menarik lainnya, kehidupan bawah lautnya. Ada spot menyelam yang sudah terkenal sekali di antara para penyelam baik di Indonesia maupun di luar negeri. Pulau Kambing namanya. Letaknya juga tidak terlalu jauh dari pantai pasir putih di Tanjung Bira. Untuk yang sudah punya ijin menyelam silahkan jajal kemampuan anda.

Tanjung bira terkenal sekali dengan keindahan lanskap pantai dan lautnya. Eksplore lah sudut-sudut keindahan yang ada di sepanjang pantai dan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Labels: ,