Damainya pagi Tanjung Bira


Pagi
Pagi memang selalu membawa kedamaian. Begitu juga yang saya rasakan ketika berada di pantai pasir putih Tanjung Bira ini. Hamparan pasir putih pantai yang panjang seolah memperikan semangat pagi bagi siapapun yang sedang berada disana, tak terkecuali saya.

Namun ada yang unik di pantai ini setiap pagi jika saya perhatikan. Banyak sekali warga terutama ibu-ibu yang memiliki warung di sekitaran pantai kalau pagi bergotong royong membersihkan pantai dari sampah-sampah yang terbawa arus air laut hingga ke pantai itu. Mereka terlihat begitu antusias sambil sesekali bersendau gurau satu sama lainnya.

Gotong Royong
Dari ujung ke ujung semua larut dalam aksi yang mulia ini. Mulai dari sampah plastik dan jenis-jenis sampah lainnya mereka tampung di sebuah ember.  Setelah penuh ember-ember itu akan diangkut dengan cara di taruh diatas kepala mereka yang kemudian akan di bawa ke sebuah tempat penampungan yang lebih besar.

Damainya Pagi Bira
Bira pagi itu benar-benar memberikan semangat pagi yang luar biasa. Semangat yang di hadirkan dari canda tawa para ibu-ibu ini. Aksi kecil mereka ini adalah sebuah kearifan lokal yang patut dicontoh oleh pantai-pantai lainnya, tidak hanya bergantung pada petugas kebersihan yang sudah ditunjuk saja, lebih ke rasa tanggung jawab masing-masing individu pada lingkungannya.

Saya sungguh belajar banyak tentang arti sebuah sadar lingkungan dari para ibu-ibu ini. Kalau tidak kita yang menjaga terus siapa dong, kalau tidak kita yang merasa peduli dengan kondisi alam negeri ini, siapa lagi coba. Yuk ah mulai tanamkan sikap sayang dan peduli lingkungan dalam setiap pribadi kita.

Labels: ,