Wakatobi, Jangan hanya singgah di Wangi-Wangi


Petang di Wangi-wangi
Petang itu terasa begitu sempurna. Beberapa anak kecil sedang asik bermain loncat-loncatan di ujung dermaga. Beberapa kapal kayu diam tertambat dipinggir pantai.  Sementara itu semburat merah senja terpantul dengan begitu indah di perairan pulau wangi-wangi. RUmah-rumah panggung juga seolah melengkapi keindahan lukisan alam yang terjadi petang itu di Wakatobi.
Saya hanya duduk di pinggir pantai sambail sesekali melemparkan pandangan ke segala arah. Yang ada hanya keheningan dan keindahan. Petang yang hening dengan bermandikan cahaya senja kuning keemasan. Pulau Wangi-wangi bersiap menyambut malam yang kembali hadir.

Wanci
Pulau Wangi-wangi adalah pintu masuk jika kita ingin mengeksplore keindahan Wakatobi. Biasanya para pejalan singgah dulu ke Pulau Wangi-wangi untuk kemudian melanjutkan perjalanan ke pulau-pulau lainnya seperti Pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko. Wakatobi adalah singkatan dari keempat pulau besar itu. Dulunya sebelum menjadi kabupaten sendiri pulau ini bernama pulau Tukang Besi. Begitu ada pemekaran Wilayah jadilah kabupaten Wakatobi yang kini menjadi sorotan masyarakat dunia sebagai destinasi wisata bawah air yang menarik.
Wanci adalah sebuah kelurahan di kecamatan Wangi-wangi, selain itu Wanci juga menjadi ibukota kabupaten Wakatobi.  DI wanci ini lah berbagai denyut nadi kehidupan bermasyarakat berlangsung. Wanci adalah kota ter ramai dari kabupaten Wakatobi. Beberapa bank juga berdiri disini. Dan Wanci adalah tempat dimana penghuni pulau-pulau lain berbelanja memenuhi kebutuhan hidup mereka. Oh ya jika hendak mengunjungi wakatobi pastikan dompet anda sudah terisi di Wanci, soalnya sewaktu saya ke beberapa pulau disana tidak menemukan mesin ATM selain di Wanci.
View Wanci
Yang sering orang lewatkan adalah, wanci hanya dijadikan tempat persinggahan. Sementara di Wanci dan sekitarnya itu banyak sekali destinasi wisata menarik. Sebut saja Liya togo, Kampung Bajo Mola, Goa-goa, mercusuar bahkan divesite juga tersebar di sini. Mau menginap di Wanci tidak usah khawatir, dari range 50.000 hingga 2juta ada kok disini, tinggal sesuaikan dengan budget kita saja, silahkan pilih ada penginapan Jelly, Wisata beach hotel atau Patuno resort yang asik harga dan pemandangannya.
Nyebur yokkkk
Belum ke Wakatobi kalau gak nyebur. Kebetulan saya dapat kesempatan menikmati keindahan bawah laut Wakatobi, meski hanya di sekitaran pulau Wangi-wangi saja. Padahal spot terindah menyelam konon katanya berada di pulau Hoga. Namun tak apalah, toh saya juga bukan penyelam professional. Pulau Kapota nama dive spotnya. Tidak terlalu jauh dari Wanci, mungkin hanya membutuhkan waktu sekitar 20 menit dengan speedboat. Terumbu karangnya masih alami dan sehat. Seperti kita tahu Wakatobi masuk dalam segituga coral dunia. Beragam jenis coral ada si wakatobi, tuh bangga kan negeri kita punya asset bawah laut sebegitu indahnya, harus terus dijaga ya kawan.

Puas di pulau Kapota spot selanjutnya adalah pintu kota. Namun saya tidak menyelam menggunakan Tabung di spot ini, cukup berhore-hore ber Free Dive ria dengan buddy saya dari Mawadah Dive center.
So Wangi-wangi itu punya banyak sekali spot bagus yang asik untuk di eksplore, jadi kalau ke Wakatobi jangan hanya ampir transit ya di Wanci nya…

getLost, shoot and Share.

Menuju Spot Dive

Just Relax

Labels: ,