Bertetirah ke Pulau Seribu


Pulau Kayu angin bira
Apa yang terlintas di benak, ketika nama kepulauan seribu di sebut? Yang belum pernah mengunjungi nya pasti berfikir adalah sebuah hamparan pulau-pulau di lautan yang jumlah nya ribuan. Saya juga dulu berfikir seperti ini, namun seiring waktu berjalan, dan terlalu sering juga menyambanginya jadi sedikit tahu tentang pulau-pulau kecil nan indah di utara Jakarta ini.
Sejatinya jumlah pulau di kepulauan seribu hanyalah sekitar 342 pulau, itu juga sudah termasuk pulau-pulau pasir dan terumbu karang. Jadi dari keterangan ini di dapat sebuah informasi bahwa jumlah pulau di kepualauan seribu bukan lah ribuan. Saya juga tidak tau kenapa nama pulau seribu itu di haturkan untuk kepulauan ini, mungkin karena kebanyakan orang dulu memberi nama sesuatu itu dengan hal yang mudah di ingat.
Ceria di pulau seribu
Bagaimana Kesananya?
Untuk mencapai pulau seribu ada beberapa alternatif, pertama bisa menumpang ojek kapal (kapal rakyat yang dipakai mobilitas penduduk kepulauan seribu) yang biasanya berlabuh di pelabuhan Muara Angke. Untuk yang lebih nyaman bisa menumpang kapal mewah yang nyaman dari Pelabuhan Marina Ancol, oh ya sekarang juga sudah ada pelabuhan baru di dekat pelabuhan rakyat Muara Angke. Kapal-kapal pemda semisal kapal kerapu beroperasi dari sana. Jadi silahkan memilih sendiri jalur mana yang akan dipakai. Kalau Favourite saya tetep ojek kapal di Muara Angke. Selain murah, lebih seru jika di banding dua alternatif yang lain.
Perahu nelayan yang bisa di sewa untuk berkeliling

Mau Ngapain aja di pulau?
Banyak sekali aktifitas yang bisa di lakukan ketika berlibur di pulau seribu. Mulai dari hanya berkeliling pulau menikmati keindahan yang tersedia, Snorkling menikmati alam bawah laut pulau seribu yang masih lumayan terjaga, bahkan menyelam juga bisa di lakukan di pulau ini. Titik-titik penyelaman sendiri tersebar mulai dari pulau Kotok, pulau Papa Theo, Pulau peniki, Pulau Matahari dan ada beberapa lagi. Kalau malas basah-basahan sekedar rebahan di atas Hamock (ayunan bongkar pasang) sambil baca buku di temani musik kesayangan juga asik kok sob. Atau jika kalian hoby fotografi, Pulau seribu adalah surganya Lanscape dan objek foto.




Foto narsis sampe Najis di persilahkan kok sop ha ha

Mau nginap di mana neh?
Jangan khawatir masalah penginapan di pulau seribu. Mulai dari sekelas Villa mewah maupun homestay sederhana tersedia. Penginapan-penginapan ini tersebar di beberapa pulau, diantaranya sebutlah Pulau Pramuka, pulau yang menjadi ibukota kabupaten kepulauan seribu ini menyediakan beragam macam jenis penginapan. Untuk urusan perut, pulau ini juga mempersilahkan kita menikmati menu-menu di restoran apung NUSA. Memang pulau Pramuka sampai saat ini adalah pulau yang paling rame dan paling lengkap fasilitasnya. Lain lagi dengan pulau Tidung yang fenomenal dengan “Jembatan cinta” dan Sunset indahnya. Jika mau lebih nyaman silahkan pergi ke pulau Putri ataupun pulau Sepa. Kedua pulau itu menawarkan kenyamanan para tamunya. Konsep pengelolaan nya sepertinya berdasar pada konsep pulau resort. Atau kalau mau lebih private lagi silahkan menyewa sebuah pulau pribadi. Namun pilihan saya tetap pada berkemah di pulau-pulau kecil indah yang tidak berpenghuni. Sensasi yang timbul sungguh luar biasa. Tidur berteman deburan ombak dan hembusan angin laut yang mendamaikan.
Pulau Putri Barat, salah satu pulau yang menyediakan penginapan

Pulau mana aja yang indah?
Wah banyak sekali pulau indah di pulau Seribu. Beberapa diantaranya adalah pulau Kayu angin bira, kayu angin melintang, pulau Hiu, pulau Sepa, pulau Putri, Pulau Tidung (setidaknya dulu adalah destinasi favourite saya), pulau Papa Theo. Dan Masih banyak lagi pulau-pulau lain. Namun jika di suruh memilih tentu pilihan saya jatuh pada pulau kayu angin Bira. Pulau kecil ini seolah menyihir saya dengan pesonanya. Pasir putih yang hampir mengelilingin semua bagian pulau, air lautnya yang sejernih kristal juga semakin melengkapi panorama indah pulau itu. Tapi yang perlu di perhatikan adalah, Kita tidak bisa berkemah dipulau ini, karena masuk daerah konservasi. Sebagai daerah yang sebagian besar daerahnya adalah perairan, keberadaan zona konservasi sangatlah diperlukan.
Pulau Papa Theo

Pulau Kayu angin bira

Sunset dari Jembatan cinta pulau Tidung

Pulau Kayu angin melintang, lokasi camping favourite saya

Beberapa Video keindahan pulau seribu.

 

 

Pesona Kepulauan Seribu from sutiknyo on Vimeo.
 


Pesona Kepulauan Seribu from sutiknyo on Vimeo.

Tugas kita bersama untuk menjaga keindahan pulau-pulau indah di kepulauan seribu. Baik itu kehidupan atas pulaunya maupun kehidupan bawah lautnya. Karena sebagai kabupaten yang sebagian besar daerahnya berupa perairan, maka pengembangan sektor budi daya laut dan Pariwisata menjadi tulang punggung masyarakat kepulauan seribu.
Ayo ke pulau Seribuuuuu.




Pulau Putri



Pulau Bulat






















Labels: ,