Pulau Menjangan, Surga bawah laut Bali

Menjangan, mendengar kata itu langsung otak kita di paksa untuk membayangkan seekor hewan berkaki empat dan bertanduk indah yang habitatnya sekarang sudah sangat jarang, makanya pemerintah mulai turun tangan dalam rangka pelestarian hewan cantik tersebut.

Di kawasan Taman Nasional Bali Barat terdapatlah sebuah pulau kecil yang dulunya terdapat banyak sekali habitat binatang itu di dalamnya, namun karena kejahilan tangan-tangan manusia yang tidak bertanggung jawab akhirnya jumlahnya sekarang tinggal sedikit, oleh karena itu pemerintah mulai ambil bagian dengan memasukkan pulau kecil itu ke dalam kawasan Taman Nasional Bali Barat.







Menuju lokasi ini bisa dari dua arah, yang pertama adalah dari pelabuhan Gilimanuk, berjarak sekitar 10km menyusuri rimbunnya Taman Nasional kita akan menjumpai sebuah simpang tiga dengan petunjuk Labuhan Lalang, tidak jauh dari simpang tiga itu terdapatlah pintu masuk ke Pulau Menjangan, perahu-perahu sewaan berjajar rapi di dermaga yang terletak di sebuah teluk yang damai itu. Sedangkan jalur kedua bisa melewati pantai Lovina di daerah Singaraja, dari arah sini juga akan menemukan desa Labuhan Lalang tersebut. Untuk menyeberang ke pulau Menjangan kita harus menyewa perahu motor dengan harga sewa yang lumayan terjangkau dan harus di dampingi oleh seorang guide, tujuannya adalah untuk menjaga kelestarian dari habitat pulau Menjangan baik itu Underwater nya maupun di atas pulaunya.




Pemandangan bawah lautnya membuat saya takjub, sebuah dinding karang yang indah menjulang sedalam kira-kira 50 meter di tumbuhi berbagai macam karang yang sangat indah, belum lagi biota lautnya yang sangat menawan sekali, menurut beli (panggilan lelaki Bali) Komang guide saya waktu itu bukanlah waktu yang tepat untuk bersenorkling karena sudah terlalu sore, dan cahaya matahari juga sudah mulai enggan bernagi sinarnya, namun bagi saya itu adalah sebuah keindahan yang luar biasa anugrah dari yang maha kuasa.

Puas menikmati 2 spot snorkling kami bergegas kembali ke daratan pulau Bali karena hari sudah mulai gelap dan angin bertiup sudah mulai kencang, rasanya belum puas untuk menikmati keindahan yang luar biasa itu. Semoga dalam waktu dekat bisa mengunjunginya lagi. AMin

Labels: ,