K E N A W A , Surga Kecil dari Sumbawa Barat

Kenawa yang memukau
Foto-Foto yang saya lihat di blog salah satu sahabat saya tentang pulau Kenawa di Sumbawa barat seolah menghipnotis saya untuk segera mengunjungi pulau kecil nan indah permai itu.

Dan benar adanya bagitu saya manginjakkan kaki untuk pertama kalinya di pulau tersebut yang hadir adalah rasa takjub akan kebesaran Tuhan dengan keindahan lukisan alam yang membentang hampir di semua sudut pandang indera penglihatan saya. Berdasarkan informasi dari laporan kajian ekosistem dasar laut pulau ini mempunyai luas 13,8 ha sedangkan garis pantai yang membentang sepanjang 1,73 km sementara itu hampir di seluruh pulau ini membentang padang rumput seluas 8 ha dan tingkat keanekaragaman mangrove sendiri mencapai 11 jenis.

Dermaga kecil pulau Kenawa
Pulau yang terlatak di 116˚ 49’ 98” BT dan 08˚ 29’ 55,18” LS ini juga miliki keindahan yang luar biasa pada sisi bawah lautnya, jadi jika hendak mengunjungi pulau kecil nan indah ini persiapkan peralatan untuk menikmati keindahan bawah lautnya, minimal peralatan snorkeling, sedangkan yang sudah mempunyai ijin menyelam silahkan gunakan ketrampilan menyelam anda untuk menikmati keindahan bawah laut pulau kenawa ini, dan jika tidak mau repot membawa peralatan-peralatan tersebut kita bisa menyewa namun terelebih dahulu membuat perjanjian dengan contact person yang ada disana. Kebetulan saya membawa sendiri peralatan snorkeling dari Jakarta sehingga keindahan terumbu karang pulau ini yang mempunyai luas mencapai 34.600 m² dan padang lamunnya seluas 700 m² sebagian bisa saya nikmati. Keanekaragaman softcoral saya jumpai di kedalaman hanya 1-2 meter saja dari permukaaan laut. 
Soft coral yang indah
Menikmati indahnya matahari tenggelam dan matahari terbit juga bisa dinikmati dari pulau kecil ini, dan jika sedang cerah puncak gunung Rinjani di lombok bisa dinikmati dengan jelas dari pulau yang tidak jauh dari pelabuhan Poto tano ini, Keindahan bukit-bukit gersang pelabuhan Poto Tano juga seakan mengundang kita untuk segera di jelajahi. Berjalan di pantai dengan pasir putih dan sesekali ombak yang menyentuh talapak kaki memberikan sensasi keindahan tersendiri, namun yang menurut saya menjadi daya tarik utama pulau ini adalah padang rumput savananya dengan bukit kecil di tangahnya, dalam bayangan saya keindahan seperti ini hanya akan bisa nikmati di luar negeri saja, namun ternyata saya bisa menemukannya di bumi pertiwi tercinta ini.
Damainya Kenawa
Keindahan pulau yang terletak di bagian utara kabupaten sumbawa barat ini tidak akan ada habisnya di jelajahi bagi anda yang mempunyai hobi fotografi, hampir di setiap sudutnya senantiasa memberikan sudut-sudut angle yang indah, apalagi ketika saya menaiki sebuah tower kecil yang menurut keterangan sahabat saya nantinya akan dijadikan tower air bersih bagi para pengunjung pulau Kenawa ini begitu dahsyat, saya bisa menikmati pantai pasir putih yang membentang dengan gradasi warna air lautnya dari hijau tosca ke biru gelap yang menandakan laut semakin dalam, sementara begitu saya membalik kan badan keindahan padang rumput dengan bukit kecilnya juga menghipnotis mata saya untuk tidak segera berkedip. 
Bukit, Laut dan savana menyatu dalam bentang cakrawala yang indah
Tidak salah jika sahabat saya memberikan statement bahwa pulau kenawa adalah surganya Sumbawa barat, dan baru-baru ini juga telah dilakukan sebuah program konservasi dari sebuah perusahan besar di Sumbawa barat. PT. Newmont Nusa Tenggara dengan melakukan pelepasan tukik penyu dan penanaman Reefball yang nantinya akan banyak di tumbuhi karang-karang dan biota laut dari pulau surganya Sumbawa barat ini akan terjaga kelestariannya. Semoga..


How to Get there :

1. Airport Mataram – pelabuhan Kayangan lombok bisa dengan angkutan umum dengan biaya sekita 30-40 ribu dan, jika menggunakan mobil sewaan jenis Avanza yang bias buat ber 7 dikenai biaya sekitar 210-250 ribu.
2. Pelabuhan Kayangan – pelabuhan Pototano Sumbawa by Kapal pelni 1.5-2 jam perjalanan dengan biaya 20.000.
3. Dari pelabuhan PotoTano ke pelabuhan Nelayan 20.000
4. pelabuhan Nelayan – pulau Kenawa by Boat kurang lebih 200 – 300 ribu PP dan keliling pulaunya untuk melihat kondisi karangnya. Lama perjalanan boat dari pelabuhan nelayan Poto tano ke Kenawa hanya sekitar 15 menit.

Labels: