Jalan-jalan ke Sumbawa Barat dan Lombok Barat

di Pulau Kenawa, Sumbawa Barat dengan latar belakang gunung Rinjani
Semuanya serba dadakan, dan sempat takut tidak bisa ikutan karena Bapak masuk Gawat darurat di Pekanbaru, Tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar dan saya bisa ikutan trip ini.

berangkat dari jakarta sendirian sampai di Mataran kak Rosita yang berasal dari Lampung sudah lebih dulu tiba dan tepat dini hari kami melanjutkan perjalanan ke pelabuhan Kayangan untuk menyeberang dari pulau Lombok ke Pulau Sumbawa.

Setelah satu setengah jam diatas kapal Ferry kami pun sampai di pelabuhan Pototano Sumbawa, dan disana sudah menjemput dua sahabat baru saya, oM Nanang dan Om Dani Auliya, sempat hampir terjadi salah paham karena kami berdua belum pernah saling ketemu dengan dua sahabat baru dari SUmbawa Tersebut, ada mobil Rush membuka bagasi belakang kirain membukakan buat kami ternyata bukan mobil yang kami maksud, saya hanya senyum-senyum jika mengingat itu.

Fajar baru saja beranjak ketika kami sampai di benete, Kak Rosita teman saya sejak dari bandara di Mataram melanjutkan istirahatnya di kamar hotel sedangkan saya dan om Nanang melanjutkan hunting sunrise di dermaga umum Benete. menjelang siang perjalanan dilanjutkan menuju pantai indah di kawasan Benete, diantaranya adalah Pantai Maluk dan pantai Sekongkang. saya takjub dengan pantai-pantai tersebut yang masih alami dan sepi. Matahai sore mulai beranjak turun, saatnya kami untuk kembali  ke pelabuhan PotoTano untuk mempersiapkan hunting dan camping di pulau Kenawa yang tidak jauh dari pelabuhan tersebut, hanya 15menit kami menaiki boat yang  bagus sampailah sudah di pulau kecil yang indah ini. Banyak sekali kegiatan yang bisa dilakukan di pulau kecil ini, mulai snorkling, hunting foto, bahkan diving, pulaunya benar-benar indah, terasa baru sebentar menikmati indahnya sunset hingga sunrise di pulau ini dan rasanya belum puas acara harus dilanjutkan yaitu kembali ke Benete untuk menyaksikan Balapan Kebo, sebuah adat tradisi yang biasa di lakukan setelah musim panen tiba.

Setelah kaki belepotan ramai-ramai turun ke lumpur sawah jam sudah menunjukan pukul 14:00 itu tandanya kami harus bergegas ke pelabuhan Benete untuk menumpang kapal Crew dari PT.Newmont kembali ke pelabuhan Khayangan di Lombok. kapalnya bagus bersih dan tidak sampai 1.5 jam kami sudah berada kembali di pulau lombok, perjalan dilanjutkan ke mataram dan saya berpisah dengan rekan seperjalanan saya di kota mataram, kak Rosita melanjutkan perjalanan nya ke Sengigi.

Tengah malam di kamar tamunya teman kakak, saya berusaha mencari info-info tentang pantai Sekotong dan mekaki dan dari pama google di kasih link sebuah blog yang memuat liputan tentang Mekaki, dari situ saya mendapatkan alamat Facebook yang punya blok tersebut, mencoba untuk invite jadi teman, dan Memang Keberuntunganku, dia langsung merespon ajakan pertemanan saya. sempat chating sebentar dan keesokan harinya kami berjanji buat ketemuan. Pagi besoknya kami ketemuan dan alhamdilillah sahabat baru saya ini bersedia menemani saya untuk eksplore Lombok, Makasih banyak Brader TITIS.

Perjalanan dilanjutkan menuju daerah sekonkang, ada dua alternatif perjalanan kesana, yakni melalui kalan sisir pantai atau lewat jalur atas bukit, dan si Brader menyarankan perginya lewat jalur pantai baru pulangnya lewat jalur bukit dan ternyata sebuah plihan yang bagus. Pantai-pantai yang dilewati sungguh indah, diantaranya adalah pantai Sekotong, Tawun, SUndancer. sampai di Mekaki Beach sudah siang dan terasa panas sangat menyengat karena tidak ada pohon rindang di pinggir pantai. Setelah puas eksplore Mekaki perjalanan dilanjutkan ke arah penyeberangan Tawun, naum sebelumnya saya menyempatkan diri untuk berhenti sejenak di sebuah tebing diatas kawasan pantai Sundancer. sungguh indah sekali pantai ini bersih dan putih pasirnya.

barengan Titis sahabat baru ketika mengunjungi Gili Nanggu
Setelah nego Harga kapal kami pun meyeberang ke tiga Gili, gili pertama adalah yang kami kunjungi adalah Gili Sundak, dianjut Gili Tangkong dan berakhir di Gili Nangu...tepat jam 5 sore kami harus kembali ke Tawun untuk melanjutkan perjalan kambali ke Mataram, malam di kota Mataram sungguh indah karena keseringan mati lampu banyak dari penggila Bola mangadakan nonton Bareng di lapangan-lapangan ataupun pingir-pinggir jalan, namun pilihan kami tertuju ke Netcafe Three-C, cara meramu kopi nya menghasilakn kopi yang nikmat sekali, sambil diskusi untuk trip besok pagi, dan alHmadulillah lagi, Brader Titis masih bisa nemenin bahkan ada satu teman nya Ikut, Bakal seru tuh besok.
Tanjung Ringgit yang indah
jam 9.30 kami start dari kota MAtaram, tujuan nya adalah Tanjung Ringgit di Lombok Timur, setelah sempat kesasar dan istirahat menikmati segelas kopi hitam di sebuah warung tengah Hutan, tepat pukul 13:30 kami sampai di Tanjung Ringgit. sebuah Tanjung yang indah terbentang di hadapan kami.

Puas Foto-foto kami pun bergegas kembali ke MAtaram, karena Jalan menuju kesana sudah rusak parah, kami harus selalu waspada, dan sepeda motor yang kami Naiki pun berjalan pelan tapi pasti dan tepat magrib kami sampai kembali ke kota mataram, eh sampai di rumah teman kakak saya ini keluarga besarnya mau datang dan saya akan di ungsikan di mes kantornya, namun TItis menawarkan untuk ke rumahnya saja, Makasih brader dan di ijinin nginap di kamarmu yang guede itu he he, jika di Mess sendirian saya takut bangaun kesiangan dan ketinggalan pesawat karena besok paginya tepat pukul 05:00 WITA saya harus sudah check In untuk selanjutnya kembali ke JAkarta.

Kelar bersih-bersih diri di kegelapan karena sedang dapat jatah mati lampu, Titis membawa saya ke warung Sate yang nikmat sekali, sate pusut jika tidak slaah namanya, masih belum puas jalan malam, laju motor pun dilanjutkan ke kawasan senggigi untuk sekedar menikmati jagung bakar dari atas bukit pinggir pantai setelah hotel SHERATON. pulangnya saya menggigil kedinginan, karena hanya memakai celana pendek yang biasa buat tenis da kaos bali yang tipis...DIngin sekali rasanya.

sampai rumah repacking sebentar masih sempat online sebentar dilanjut TIdur dan tepat pukul 04:00 WITA kedua alarm yang kami pasang meraung-raung membangunkan kami, Ke bandara diantar si Brader dan tepat pukul 06:00 WITA pesawat yang saya naiki pun Lepas landas dari bandara Selarang, saatnya kembali ke Rutinitas kembali.

masTekno mo say Thank You To :

1. Kak Rosita, dah diijinin nebeng mobilnya dari mataram sampai Mataram Lagi.
2. Teman-teman di SUmbawa, Om NAnang, om DAni, Om Epul, om Delon dan semuanya atas sambutan yang bersahabat buat saya, maaf jika ada yang kurang berkenan atas kehadiran saya. om DAni di tunggu undangan DIvingnya.
3. Brader Titis..Makasih banyak atas semuanya, dah ditemenin kemana-mana, di ijinin menginap, dianterin ke bandara...makasih Brader.
4. Harri dah mau gabung ke Tanjung ringgit.

Baru tiga hari pulang dari petualangan ini bapak pun menghembuskan nafas terakhirnya.