Gili Sudak, Rangkaian keindahan Lombok Barat

Gili Sudak
Siang itu cuaca sangat terik dan pelabuhan penyeberangan yang berada di desa Tawun, Sekotong tersebut lumayan sepi, hanya ada beberapa mobil terparkir dan sebuah kios yang ternyata adalah loket penyewaan perahu untuk menyeberang ke pulau-pulau kecil yang dalam masyarakat dikenal dengan nama Gili. Ada beberapa gili di kawasan sekotong Lombok barat ini, diantaranya adalah deretan 4 gili yang jika ditarik garis lurus dari barat adalah gili Nanggu, Gili Tangkong, gili Sudak, dan Gili kedis.

Gili Sudak sendiri adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi pantai yang indah, dengan luas sekitar 30 Ha tentunya gili sudak menjadi incaran para wisatawan, namun jika dibandingkan dengan gili Nanggu maupun gili Tangkong, gili Sudak ini minim sekali fasilitas, hanya ada sebuah rumah makan yang hampir semua menu makanan nya berupa seafood, namun siang itu rumah makan ini terlihat sepi,

Indah nya Gili Sudak
“Nggak ada penginapan disini mas, padahal jika dikelola mungkin akan ramai wisatawan mampir ke pulau ini, mereka mampir ke gili Sudak ini hanya untuk sekedar singgah dan makan siang, jika untuk bermalam mereka lebih memilih ke gili Nanggu mamupun gili Tangkong”. ungkap salah seorang awak perahu motor yang biasa melayani rute keliling gili-gili di sekotong tersebut.

Melihat pantai pasir putih dengan air sebening itu rasanya sebuah godaan yang sangat berat, akhirnya walaupun hanya sesaat sayapun menceburkan diri ke laut walaupun hanya sebatas lutut, ada beberapa pemancing saya jumpai di pulau kecil ini, selain itu ada juga beberapa rumah penduduk yang menjual kelapa muda di pinggir pantai, gili Sudak berhadapan langsung dengan gili kedis, sebuah pulau karang kecil yang tidak lebih dari 3 Ha namun terkenal dikalangan para wisatawan dengan nama Romantic Island. Sungguh keindahan yang luar biasa tercipta untuk negeri Indonesia yang indah ini.

Proud to be Indonesian.

















Labels: ,